Putih telur adalah cairan putih (disebut juga albumen atau glair/glaire) yang terkandung di dalam sebuah telur. Cairan ini terdapat di dalam telur yang sudah dibuahi dan yang belum dibuahi. Putih telur terdiri dari 10% protein terlarut di air. Kegunaan putih telur adalah untuk melindungi kuning telur dan menyediakan nutrisi tambahan bagi pertumbuhan embrio, karena putih telur kaya akan protein dan rendah lemak, yang merupakan kebalikan dari kuning telur, yang mengandung nilai lemak yang tinggi. Putih telur memiliki banyak kegunaan kulinerdan non-kuliner.

Walaupun putih telur dihargai sebagai sumber makanan yang rendah lemak dan berprotein tinggi, sedikit orang tidak bisa memakan putih telur. Alergi telur terjadi lebih banyak pada bayi daripada orang dewasa, dan akan teratasi dengan sendirinya ketika anak sudah berumur 5 tahun. Alergi makanan pada putih telur lebih banyak terjadi daripada alergi terhadap kuning telur.

1. Menghaluskan Kulit
Telur mengandung protein yang tinggi, khususnya pada putih telurnya. Protein tersebutlah yang dipakai untuk menghaluskan kulit anda.Bagaimana caranya? Cukup campurkan putih telur dengan yogurt kemudian oleskan pada kulit yang ingin anda haluskan tersebut, bisa diwajah maupun ditangan dan kaki.

2. Menghilangkan Minyak di Wajah Anda
Seperti yang kita ketahui salah satu cara menghilangkan minyak pada wajah itu dengan vitamin E, dan vitamin itu bisa dapatkan dari telur. Caranya cukup gampang, seperti cara diatas cukup mengambilkan putih telur dan tinggal oleskan pada wajah anda, akan tetapi disini anda bisa menambahkan bedak cendana/bubuk cendana yang terbukti juga bagus untuk menutup pori-pori kulit yang besar dan mengeluarkan minyak.

3. Menghilangkan Jerawat
Selain untuk menghilangkan minyak di wajah, putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah anda, hal ini dikarenakan kandungan asam amino dan protein pada putih telur baik untuk menghilangkan jerawat. Caranya, cukup oleskan putih telur pada wajah anda, biarkan kurang lebih 20-30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Sebagai tambahan, anda bisa menggunakan bawah putih yang terbukti juga ampuh untuk menghilangkan jerawat.

4. Sebagai Pelembab Rambut
Kandungan protein yang ada ditelur juga dapat digunakan untuk menjadi pelembab rambut anda. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia, cukup menggunakan putih telur saja rambut anda bisa lebih lembab dan sehat. Caranya gampang sekali, cukup oleskan putih telur pada rambut anda, tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan shampo supaya efeknya lebih segar dan cepat.

5. Menghilangkan Ketombe
Buat anda yang bingung bagaimana cara menghilangkan ketombe? Ternyata putih telur juga dapat menghilangkan ketombe di rambut anda, caranya cukup oleskan putih telur pada kulit kepala anda, kemudian tunggu 10- 15 menit. Setelah itu bilas dengan dengan air dingin. Anda juga bisa menambahkan shampo anti ketombe supaya lebih maksimal.

sumber : wikipedia.com

Post a Comment

Powered by Blogger.